Joni Indo BlogMempercepat koneksi internet bukanlah merupakan suatu hal mudah untuk dilakukan, walaupun dengan tehnologi EVDO Rev. A sekalipun. Beberapa waktu yang lalu saya membeli sebuah USB Modem merk SmartFren dengan tipe AC682 yang telah memiliki tehnologi EVDO Rev. A, yang menurut data spesikfikasinya memiliki kemampuan download hingga 3,1 Mbps serta upload hingga 1,8 Mbps. Tetapi mulai dengan saat masih baru (free 30 hari) hingga saat ini belum pernah sekalipun saya menikmati layanan internet cepat seperti yang dicantumkan dalam spesifikasi produk modem ini. Entah apa sebabnya, saya sendiri tidak tahu.

Di awal-awal pemakaian (saat masih free 30 hari), modem ini memiliki kecepatan yang lumayan juga, tetapi lama-kelamaan seiring dengan habisnya free-session, modem ini juga mengalami penurunan dalam hal koneksi internetnya. Dalam kondisi hampir putus-asa, saya melalukan perjalanan dunia-maya (googling via Google) untuk mencari tahu apa sebabnya kelambatan koneksi internet modem ini sekaligus mencoba mencari solusinya. Setelah berputar-putar dan berpusing-pusing, akhirnya sampailah saya pada satu kesimpulan (ntah benar ntah tidak) yang demikian, pertama modem ini tidak tahan panas, sehingga pada saat panasnya melebihi batas normal (wajar) ia akan mengalami penurunan koneksi-internet, kedua penerimaan sinyalnya bukan merupakan suatu hal yang dapat dibiarkan begitu saja, artinya untuk dapat melakukan proses koneksi internet cepat, maka stabilisasi penerimaan sinyal sangat perlu untuk diperhatikan. Ketiga, untuk sedikit meningkatkan kecepatan aksesnya membutuhan bantuan software DNS Jumper (atau yang sejenisnya).

Dengan mengetahui titik-titik kelemahan dari modem ini, maka saya mencoba mencari tahu cara-cara mengatasinya, dan secara sederhana sebatas kemampuan saya akan coba saya share pada tulisan-tulisan mendatang, yang nantinya akan mengupas secara agak lebih mendetil cara-cara mengatasi panas yang berlebihan, kemudian cara-cara menstabilkan penerimaan sinyal modem, dan sedikit ulasan perihal DNS Jumper itu sendiri.

Sampai bertemu pada tulisan-tulisan mendatang.

Beberapa informasi yang mungkin juga anda butuhkan :


1 komentar:

Yah Koneksi Internet aku juga suka begitu .............

Tinggalkan komentar anda di sini, jagalah kesopanan dan tata-etika dalam bertutur-tulis, jangan spam, salam hangat persahabatan dan terima kasih.